What is Viral Marketing






Viral Marketing merupakan salah satu strategi berbisnis di dunia internet, cara kerjanya ialah dengan memanfaatkan teknologi untuk menyebarluaskan suatu produk atau jasa dari satu pihak ke pihak yang lain atau biasa disebut cara berantai, seperti dari mulut ke mulut. Kini Viral Marketing menjadi sangat populer, ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga produk atau jasa yang sedang dipromosikan akan menyebar ke seluruh dunia dengan cepat dan mudah tanpa harus mengeluarkan modal yang begitu besar, dan ternyata pemasaran menggunakan strategi Viral Marketing lebih efektif dibandingkan pemasaran yang menggunakan iklan.

Di Internet, viral marketing adalah teknik pemasaran apapun yang menyebabkan situs Web atau pengguna untuk menyampaikan pesan pemasaran untuk situs atau pengguna lain, menciptakan pertumbuhan yang berpotensi eksponensial dalam visibilitas dan efek pesan.

Viral marketing adalah tentang menciptakan buzz marketing sekitar rilis produk baru atau hanya membawa perusahaan ke garis depan benak konsumen. Ada tiga faktor yang bermain dalam apakah kampanye pemasaran berjalan viral: 

The Messenger: Tidak ada aturan keras-dan-cepat pada utusan yang paling mungkin untuk memicu kampanye viral marketing. Beberapa perusahaan mendekati trend pembuat seperti selebriti dan A-list blogger untuk menyebarkan pesan mereka. Yang mengatakan, beberapa kampanye viral marketing telah berhasil hanya tergantung pada reposts organik dan berbagi sosial. 
Pesan: pesan sebenarnya dapat truf utusan jika cukup menarik. Sebuah permainan bermerek yang adiktif cenderung menyebar jauh lebih cepat daripada advertorial yang membutuhkan interaksi kurang, tapi komitmen yang lebih (membaca seluruh dokumen vs mengklik permainan flash). 

Lingkungan: Waktu adalah segalanya dalam iklan, dan ini juga berlaku viral marketing. Sebuah perusahaan dapat memiliki utusan yang tepat dan pesan yang tepat, tetapi mungkin tidak menyebar jika lingkungan sosial yang tidak benar. Sebuah contoh yang sangat dasar dari ini adalah bahwa orang cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu online di musim panas dibandingkan dengan musim lainnya. Ini berarti pembawa potensial yang lebih sedikit untuk menyebarkan pesan viral. Hal ini tidak berarti kampanye tidak akan berhasil, tetapi dapat menjadi faktor. 

Viral marketing telah menjadi mini-semesta istilah-istilah. Orang-orang yang berbagi pesan viral marketing disebut sneezers dan pesan yang sebenarnya kadang-kadang disebut sebagai meme pemasaran.



Tulisan milik http://paperphy.blogspot.com/
(dilarang publikasi ulang tanpa ijin penulis, dan telah dikenai hak cipta)